WELLCOME TO MY BLOG ALL!! JANGAN LUPA TINGGALIN KOMENNYA DI KOTAK KOMENT OR DI BUKU TAMU DI SAMPING YA GAN!!THANK'S

Wednesday, December 5, 2012

Laporan Praktikum Instalasai Tenaga Listrik


A.    TUJUAN
1.      Mahasiswa dapat memasangan instalasi tenaga motor tiga fasa pada stop kontak tiga fasa, sesuai dengan gambar rangkaian yang diberikan sesuai dengan waktu yang ditentukan
2.      Mahasiswa dapat memasang instalasi tenaga mengendalikan motor listrik 3 fasa dengan menggunakan saklar TPST, sesuai dengan gambar yang diberikan dalam waktu yang ditentukan
3.      Mahasiswa dapat memasang instalasi tenaga membalik putaran motor listrik 3 fasa menggunakan saklar TPDT, sesuai gambar dalam waktu yang telah ditentukan
B.     TEORI SINGKAT
Instalasi listrik menggunakan kabel fleksibel yang diambil dari stop kontak di atur dalam peraturan umum instalasi listrik (PUIL 2000, pasal3. 12. 2. 4 yang berbunyi “ pada penyambungan perlengkapan listrik dengan kabel fleksibel yang berpenghantar pengaman.
            Selain itu motor listrik 3 fasa dapat dikendalikan dengan menghidupkan dan mematikan dalam keadaan berbeban dengan saklar Tree Pole Single True (TPST).
            Putaran motor listri 3 fasa dapat dirobah atau dibalaik dari putaran semula apabila dua fasa yang masuk pada kumparan motor dipertukarkan dari sebelumnya (di balik). Untuk hal ini dapat dilakukan dengan saklar Tree Pole Double True (TPDT)
            Saklar TPDT dapat digunakan untuk mengoperasikan motor listrik 3 fasa secara manual. Hubungan pada terminal motor dibuat hubungan bintang (terminal U1 dihubung Terminal U motor, terminal V1 dihubung terminal V motor terminal W1 dihubung terminal w motor, dan terminal motor X, Y, Z di kopel. Terminal-terminal saklar TPDT dikopel U1 – U2, V1-W2, dan W1-V2, sehingga putaran searah jarum jam untuk posisi 1 dan putaran sebaliknya untuk posisi 2
                                          U     U       U2            U          X
                                          V1    V      V2            V           Y
                                           W1   W    W2            W         Z



C.    ALAT DAN BAHAN
ALAT
1.      Tang kombinasi
2.      Tang kupas
3.      Tang potong
4.      Tang lancip
5.      Obeng pipih
6.      Obeng bunga
7.      Jara
8.      Mistar kayu
9.      Multimeter
10.  Motor 3 fasa
BAHAN
1.      Pipa                                                          
2.      Kotak sambung                                         2 buah
3.      Saklar TPST                                              1 buah
4.      Saklar TPDT                                             1 buah
5.      Kotak kontak 3 fasa (KKB)                     1 buah
6.      Elbow                                                        4 buah
7.      KWH meter 3 Fasa                                   1 buah
8.      MCB 3 fasa                                               1 buah
9.      Kabel NYA 1,5
D.    LANGKAH KERJA
1.      Bacalah lembar kerja dengan teliti, telaah gambar ranngkaian yang diberikan, dan tentukan alat dan bahan yang akan digunakan
2.      Persiapakan alat dan bahan yang dibutuhkan.
3.      Tandaidengan kapur tulis tata letak pemasangan komponen-komponen yang akan dipasang sesuai dengan gambar kerja.
4.      Pasangkan komponen-komponen seperti saklar TPST, TPDT, KKB, kotak kontak, MCB 3 Fasa, serta KWH meter 3 fasa, sesuai dengan tata letak yang telah dibuat dengan menggunkan kapur tulis.
5.      Potong pipa sesuai ukuran yang ditentukan, kemudian dilanjutkan dengan memotong kabel NYA sesuai ukuran dengan ditambah toleransi 10 %.
6.      Masukkan kabel NYA kedalam pipa sesuai dengan ukuran dan jumlah yang ditentukan, kemudian klemkn pada posisi yang telah ditandai.
7.      Kupasa sepanjang 3 cm semua ujung kabel dalam kotak cabang. Sambungkan dengan jenis sambungan ekor babi.
8.      Hubungkan kabel pada komponen masing-masing sesuai tata letak komponennya, seperti saklar TPST, saklar TPDT, KKB, kotak kontak, MCB 3 Fasa, serta KWH meter 3 fasa.
9.      Periksalah rangkaian yang telah dipasang apakah telah benar
10.  Jika rangkaian telah benar, tutuplah semua sambungan kabel yang ada pada kotak cabang dengan menggunakan isolasi listrik atau menggunakan lasdop.
11.  Laporka hasil praktek kepada dosen.
12.  Apabila hasil praktek telah disetujui, bukalah semua komponen dengan hati-hati.
13.  Kembalikan semua alat dan bahan yang telah digunakan.
14.  Bersihkan runag kerja saudara terhadap sampah dan debu jika telah selesai istirahatlah di luar ruangan.

F.     ANALISA
Praktikum ini merupakan praktikum pemasangan instalasi tenaga listrik yang komponennya meliputi kotak kontak 3 fasa, saklar TPST dan TPDT. Dari hasil praktikum dapat dianalisa bahwa pada kotak kontak ada 5 masukan yaitu 3 fasa (R,S,T), 1 grounding, dan 1 netral. Saklar TPST mempunyai 4 masukan yakni 3 fasa(R, S, T), dan 1 grounding. Saklar tpdt mempunyai 4 masukan yaitu 3 fasa (R, S, T), dan 1 grounding.
Saklar TPST ( tree pole single true) merupakan saklar untuk mengoperasikan motor yang bekerja hanya satu arah yakni satu arah untuk on dan arah yang lain untuk off hampir sama dengan prinsip kerja saklar biasa yang biasa digunakan untuk instalasi domestik (perumahan), untuk saklar TPST diberi masukan 3 fasa dan 1 grounding tiga fasa itu yakni R, S, dan T yang mempunyai konduktor terpisah begitu pula halnya dengan konduktor groundingnya.
Saklar TPDT merupakan saklar yang dapat bekerja dua kutub, kutub yang berada di tengah sebagai masukan dan kutub atas dan bawahnya sebagai keluaran atau output. Hal ini dapat diperjelas dengan gambar berikut ini.




Saklar ini biasa dugunakan untuk membuat motor dapat beroperasi dengna dua arah putaran. Pada saklar TPDT masukannya ada 4 yakni 3 fasa dan 1 grounding. Fasanya terdiri dari fasa R, fasa S, dan fasa T yang mempunyai konduktor masing-masing yang saling terpisah begitu pula halnya dengan konduktor untuk groundingnya. Untuk membuat motor dapat beroperasi dua arah dengan menggunakan saklar TPDT, maka untuk keluaran pertama urutan fasanya tetap yakni R,S, kemudian fasa T. Namaununtuk keluaran dua maka salah satu urutan fasnya dibalik seperti S, R, kemudian fasa T.
G.    KESIMPULAN
Dari kegiatan praktikum ini maka dapat disimpulkan bahwa Saklar TPST ( tree pole single true) merupakan saklar untuk mengoperasikan motor yang prinsip kerjanya hampir sama dengan saklar biasa yang digunakan pada instalasi listrik domestik atau perumahan. Yakni hanya mampu bekerja untuk ON dan OFF, satu posisi untuk ON dan satu posisi lagi untuk OFF. TPST mempunyai 4 masukan yakni 3 fasa(R, S, T), dan 1 grounding.
Saklar TPDT merupakan saklar yang dapat bekerja dua kutub, kutub yang berada di tengah sebagai masukan dan kutub atas dan bawahnya sebagai keluaran atau output. Saklar ini biasa dugunakan untuk membuat motor dapat beroperasi dengna dua arah putaran. Pada saklar TPDT masukannya ada 4 yakni 3 fasa dan 1 grounding. Fasanya terdiri dari fasa R, fasa S, dan fasa T yang mempunyai konduktor masing-masing yang saling terpisah begitu pula halnya dengan konduktor untuk groundingnya.
H.    SARAN
1.      Gunakan alat sesuai dengan fungsinya, jangan sesekali menggunakan satu alat untuk semua kegiatan.
2.      Hati-hati dalam menyambung kabel baik dalam kotak sambung maupun di terminal komponen, jangan sampai ada yang tebalik.
3.      Periksa semua rangkaian dengan multitester, sehingga dapat diketahui apakah semua rangkaian sudah terhubung dengan baik, karena jika ada satu rangkaian tidak terhubung atau terputus, pada saat motor dioperasikan akan menyebabkan kerusakan pada motor.
4.      Karena praktikum ini menggunakan listrik dengan tegangan 380 volt, maka berhati-hatilah pada saat menghubungkan rangkaian dengan listrik.

No comments:

Read more: http://sumbangsihkomputer.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-kotak-komentar-blogger-di.html#ixzz2FCWQYmF0